jump to navigation

Permohonan Maaf (Blog Hasil Salin-Rekat Arsip Bahtera) May 17, 2010

Posted by mazdink in profesi.
Tags:
trackback

Terlebih dahulu saya memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada para sesepuh Bahtera, para moderator, rekan-rekan penerjemah (khususnya yang tercantum namanya di blog saya), dan semua anggota Bahtera yang lain jika apa yang saya lakukan ini menimbulkan keresahan dan ketidaknyamanan bagi rekan-rekan.

Blog yang dianggap sebagai hasil salin-rekat (penerjemahonline.wordpress.com) memang benar adalah salah satu dari beberapa blog saya kelola. Akan tetapi, blog ini tidak seluruhnya hasil salin-rekat, dan tercatat baru 9 tulisan (terakhir) yang saya salin dari arsip Bahtera. Adapun tujuan saya melakukan penyalinan dari arsip Bahtera tidak lain hanya untuk tujuan informasi sehingga tulisan-tulisan yang saya salin dari arsip hanya yang bersifat informatif saja.

Sebagai seorang blogger saya paham sedikit tentang etika pengutipan dan penyalinan tulisan di dunia online. Lewat diskusi topik ini di Bahtera saya baru menyadari kalau milis Bahtera ini tertutup. Akan tetapi, saya tidak dapat menemukan informasi yang menyebutkan dilarangnya menyalin, menyadur, dan menerbitkan ulang. Oleh karena itu saya sependapat dengan saran mas Hikmat tentang perlunya pencantuman larangan untuk ini, baik di catatan kaki setiap pesan maupun dalam tata tertib.

Karena dari diskusi tentang masalah ini ada yang mengusulkan pencoretan nama saya dari milis Bahtera, saya mohon saya masih ingin menjadi anggota dari milis ini. Mengikuti saran dari sebagian rekan, kesembilan tulisan hasil salin-rekat itu telah saya hapus dari blog saya. Permohonan maaf saya yang sebesar-sebesarnya kepada rekan-rekan yang saya salin tulisannya (Susanti Lee, Tome, Anna Wiksmadhara, Croquethz, Imam Musthaqim, Rudi Wilson, Artsiyanti, Hipyan Nopri, Ade Indarta).

Comments»

1. Ivan Lanin - May 17, 2010

Halo Mas Masdin,

Terima kasih atas permintaan maaf terbuka dan penjelasan yang disampaikan melalui milis dan tulisan blog. Kami memang tidak secara eksplisit mencantumkan keterangan mengenai ketertutupan arsip milis Bahtera pada tata tertib milis. Belajar dari kasus ini, informasi tersebut akan ditambahkan agar tidak terjadi lagi hal serupa.

2. Hipyan Nopri - January 9, 2011

Halo Daeng Masdin,
Mungkin tanggapan saya sangat terlambat. Tapi lebih baik terlambat daripada tidak memberikan tanggapan sama sekali.:)
Terlebih dahulu, saya pribadi sangat berterima kasih atas pemuatan ulang tulisan saya di blog Daeng ini.
Selanjutnya, saya juga sangat menghargai sikap ksatria Daeng yang menyampaikan permohonan maaf secara terbuka menanggapi keberatan yang disampaikan rekan-rekan sesama anggota milis Bahtera sehubungan dengan pemuatan kesembilan tulisan tersebut.
Dengan kejadian ini, saya berharap kita semua menyadari bahwa karya apa pun, termasuk karya tulis yang dipajang di Internet, dengan sendirinya memiliki hak cipta sejak saat pembuatan dan pemajangannya.
Karena itu, pemuatan ulang atau pengutipan karya tulis tsb mesti mendapat izin dari penulisnya atau mencantumkan sumber aslinya terlepas apakah pada tulisan tsb hal ini dinyatakan dengan jelas atau tidak.
Akhirnya, mari kita jadikan kasus ini sebagai pelajaran berharga bagi kita semua.

Teruskan Perjuangan

Hipyan
Padang Panjang & Padang,
Sumatera Barat

3. penerjemah - November 9, 2012

saling memaafkan bagus untuk menjaga silaturahmi dan jalin persahabatan, jadi tidak ada dendam karena di kutip tulisannya di blogger

4. Dee Basar - June 4, 2013

Saya kok baru baca ya tulisan ini. Memang Anda menyalin tulisan saya yang mana ya (Artsiyanti)? Salam kenal yaaa…..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: